Tuesday 20 March 2018

Pregnancy and Parenting Books Review



Hampir empat bulan pertama masa kehamilan saya, waktu luang saya habiskan dengan membaca ulang komik One Piece dari nomer 1, dan beberapa komik lainnya (yang tidak saya sesali juga sih sebetulnya, thanks to Rendy yang mempengaruhiku). Sampai somehow saya sampe pada titik dimana mulai puyeng dengan segala saran dan cerita pengalaman tentang menjadi ibu baru dari teman-teman dan keluarga terdekat. Rasanya semacam, gils banyak banget yang saya nggak tau dan ngerti, apa jadinya kehidupanku nanti? Ngapain aja saya selama ini?? Mulailah saya aktif cari-cari informasi untuk persiapan jadi ibu.

Beberapa buku yang saya baca tentang kehamilan dan parenting adalah:

Tumpukan current read saya :)
  Saya review sedikit untuk masing-masingnya yaa, maafin kalo agak subjektif :p

Cover buku no. 1- 4

1. Happy Little Soul oleh Retno Hening
Saya follow @retnohening di instagram dari sebelum menikah, awalnya karena gemes sama Kirana, terus jadi mengamati sepintas gaya-gaya parentingnya ibuk dari postnya. Eeeeh tau-tau ibuk nulis buku tentang pengalaman kehamilannya sampe membesarkan Kirana. Bukunya ringan dibaca, jatohnya kayak baca diary nya ibuk. Bagian yang paling saya suka adalah cerita perjuangan ibuk ngasih ASI untuk Kirana, dan gimana cara ibuk berkomunikasi sama Kirana terutama waktu Kirana sudah agak besar. Karena ibuk punya background PAUD, banyak juga tips dan trik mengasuh anak yang menurut saya ngena banget.

2. Panduan Lengkap Hamil Sehat oleh Lutfiatus Sholihah
Ini buku pertama yang saya beli tentang kehamilan. Isinya relatif umum sih, seperti judul bukunya aja, mostly tentang tips hamil sehat. Bagian yang paling saya suka adalah bagian info perkembangan janin dan ibu dari minggu ke minggu, huhu nyesel banget baru baca di bulan keempat. Selain itu ada panduan senam hamil dan di bagian akhir ada bagian yang membahas FAQ mitos dan fakta kehamilan. Sayangnya banyak referensi yang dicantumkan bukan dari sumber ilmiah, tapi dari artikel populer dan website umum.


3. Jatuh Hati pada Montessori oleh Vidya Dwina Paramita
Awalnya saya nggak niat cari buku parenting dulu sih, tapi baca sekilas isi buku ini ternyata menarik. Apa manfaat metode Montessori dan dampak jangka panjangnya menurut saya menarik banget, benar-benar membuka mata tentang pengasuhan anak, terutama tentang perlunya kesabaran sebagai orangtua. Banyak tips dan ide permainan dan kegiatan sehari-hari dengan metode Montessori untuk anak yang mudah diterapkan. Di akhir setiap babnya ada review sheet untuk pembaca yang bikin teorinya makin berasa ‘ketangkep’.
 
4. Menyiapkan Anak Jenius Sejak Dalam Kandungan oleh Mugi Rizkiana Halalia
Sebenarnya ini buku doa islami. Isinya kutipan-kutipan ayat Al-Quran dan keutamaannya terutama untuk ibu hamil dan beberapa kisah wanita hamil ketika zaman nabi. 

Cover buku no. 5-8

5. The Conny Method oleh Conny Widya Hermina dan Agus Wirajaya
Buku ini ditulis oleh sepasang suami istri terapis hypnobirthing, cute banget yah :3 Metode hypnobirthing yang mereka buat ini dibuat berdasarkan pengalaman Conny sendiri saat hamil dan melahirkan. Walaupun bagian intro bukunya (sebelum ke inti metodenya) cukup panjang, tapi komprehensif sekali, menceritakan latar belakang pembuatan buku, pengalaman penulis selama menjadi terapis hypnobirthing, dan panduan kehamilan sehat secara umum. Bagian yang saya suka buku ini menjelaskan beberapa metode relaksasi berbeda, sayangnya nggak ada CD panduan relaksasinya, jadi asa kurang resep gitu pas nyobanya. Buku ini agak susah dicari, saya beli di gramedia.com.

6. Antigalau Persalinan oleh dr. Judi Januadi Endjun, SpOG
Karena ditulis oleh dokter obgyn, kontennya jelas terpercaya dan informatif menurut saya yang pengetahuan awalnya cetek banget tentang proses melahirkan. Buku ini konsepnya infografik gitu, full color, banyak gambarnya, dan tulisannya ga banyak kayak buku lainnya, cocok buat calon orangtua yang hobinya baca komik kayak Rendy. Buku ini juga dilengkapi dengan checklist perlengkapan persalinan, cucok. Tapiii, saya rada gemes sama desain isinya... (Ampun beribu ampun) Saya nggak suka kombinasi berbagai fontnya. Hahaha penting banget maafin :p

7. Mencerdaskan Anak Sejak Dalam Kandungan oleh Evariny Andriana
Karena masih penasaran dengerin panduan relaksasi hypnobirthing sementara harga kelas hypnobirthing cukup mahal (teteup hahaha), saya pun nyari buku hypnobirthing lain yang ada bonus CD panduannya. Selain buku ini, Evariny Andriana juga menulis buku ‘Melahirkan Tanpa Rasa Sakit’ yang sifatnya lebih dasar tentang metode relaksasi hypnobirthing, tapi  karena  saya sebelumnya sudah baca The Conny Method, saya lebih memilih buku ini biar ada tambahan insight tentang mencerdaskan anak dengan hypnobirthing. Beli buku ini waktu itu di hypno-birthing.web.id, tinggal ikutin petunjuk pembelian di websitenya.


8. Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 tahun oleh TigaGenerasi
Buku ini udah saya incer dari pertama kali saya cari buku kehamilan dan parenting, karena isinya semacam infografis yang nggemesin dan menarik dan pokoknya saya suka sama desain isinya (ga penting lagi maafin hahaha). Walaupun bukunya tebel, tulisannya sedikit tiap halaman, cocok buat Rendy. Sempet nunda beli karena pengen coba beli di Togamas/ Rumah Buku di Bandung biar lebih murah, eeeh tau-taunya di Rumah Buku buku ini ga diskon karena bukan dari penerbit rekanannya. Sudahlah. Tapi kontennya cukup komprehensif, membahas beberapa mitos vs fakta tentang mengasuh bayi, do vs donts, pembagian peran ibu dan ayah, dan banyak info lainnya yang dibagi per segmen umur (0-6 bulan, 6-12 bulan, dst). Cocok buat (calon) orangtua baru yang clueless kayak saya. 

9. Harry Potter and the Cursed Child oleh J.K. Rowling, John Tiffany, Jack Thorne
Ini emang bukan buku parenting sih, hahaha. Jadi ceritanya suatu ketika saya sedang ingin baca ulang buku ini (ngidam?)... Selain alur ceritanya yang mind blowing dan kekuatan masing-masing karakter yang keren (gilss bisa-bisanya Rosie dibuat beneran kayak mix personality nya Ron dan Hermione!), somehow menurut saya cerita Harry dan Albus bisa lah ya dijadikan pelajaran tentang hubungan orangtua dan anak :) 

Yeay! Walaupun deg deg ser, abis baca ini itu paling nggak saya merasa 'agak' lega karena sudah berusaha membekali diri persiapan untuk jadi ibu. Yak sekian dulu reviewnya, nantinya post ini akan saya terus update dengan bacaan selanjutnya (kalo ada), semoga bermanfaat!

(Update per 27 Juli 2018) 
Sebelum saya melahirkan (8 Mei 2018), ada 3 buku lagi yang saya baca dalam persiapan menjadi ibu, dan menurut saya sangat reccommended!

10. Multitasking Breastfeeding Mama oleh Nia Umar S.Sos, MKM, IBCLC
Favorit banget! Lengkap tentang menyusui, baik untuk ibu rumah tangga maupun ibu pekerja. Ilustrasi dan fontnya oke, langsung habis dibaca begitu sampai. Ada kisah sukses pejuang ASI, review peraturan pemerintah tentang hak ibu menyusui, sampai ada contoh format permohonan ruang menyusui berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk di kantor! Bonus poster tentang daya tahan ASI dan cara penyajian ASIP, pas banget untuk ditempel di kulkas buat reminder yang ngasuh Ale. Saya beli di shopee dengan kondisi baru.

11. Perawatan Bayi Baru 0-6 Bulan seri Ayahbunda
Rekomendasi dari Rani, teman seperjuangan. Lengkap banget tentang perawatan bayi, tutorial makein baju dan gunting kuku aja ada! Cucok banget. Saya beli second di tokopedia, 30 ribu aja dong, kondisinya bagus banget kayak belum pernah dibaca.


12. 160 Tanya Jawab Seputar Menyusui seri Ayahbunda
Dapet gratis dari acara Breastfeeding 911 yang diadakan tim Ayahbunda dan Pigeon. Karena formatnya tanya jawab, jadi lebih simpel tapi ngena gitu loh. Nggak sedalam buku teks lainnya pembahasannya, tapi informatif. Cocok untuk yang nggak terlalu suka baca, karena isinya berwarna dan kayak majalah.

Setelah melahirkan ada beberapa buku lagi yang saya baca, tapi mungkin akan saya review di postingan lain :) Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment