Thursday 26 July 2018

Perubahan Positif Setelah Jadi Ibu

Yeay hari ini Ale 81 hari! Ku sudah resmi jadi buibuk untuk 81 hari!

Ada yang berubah Fus? Ya banyhaaak dong yaaaah. Beberapa hal positif yang bisa saya ceritakan antara lain:

1. Lebih kuat secara fisik

Belum kek Agung Hercules gitu sih, tapi berasa loh ini. Beberapa hari setelah Ale lahir, saya merasa pegel banget di tangan kanan kiri. Terus bingung, ini lengan kenapa yak? Setelah diingat-ingat, gimana ga pegel kalo sebagian besar waktunya dipake untuk gendong bayi buat nyusu? Ckck ternyata diri ini selemah itu ya hahaha. Lama-lama, pegelnya hilang. Sampe sekarang Ale sudah 6 kg lebih, juga ga pernah pegel lagi. Yeay berarti (mungkin) ibuk ini sudah makin kuat! Iyain aja yah, sugesti positif biar happy :) Terus sekarang, saya sudah ngantor kembali, dan layaknya buibuk jaman now, bolak balik bawa cooler bag untuk ASIP. Terus berasa pegel dooong ini bahu ahahaha, padahal cuma bawa cooler bag dengan 2 ice gel dan beberapa ratus ml ASIP di KRL. Padahal dulu jaman tugas akhir kerjaannya jalan berkilo-kilometer pake ransel isi batu sampel (ga juga deng kan ada porter hahaha). Tapi tak apa, pasti nanti akan terbiasa, kayak lengan tuk menggendong ini :)

Oiya, juga untuk jam tidur. Jaman kuliah kemampuan begadang di atas rata-rata. Abis itu menurun. Eh setelah melahirkan, kok kemampuan itu tiba-tiba menghilang? Bawaannya ngantuuk aja. Ya karena capek juga kali ya. Tapi seiring berjalannya waktu, sekarang saya sudah beradaptasi dengan jam tidur yang kurang dan kurang teratur. Walaupun memang harus diimbangi asupan bergizi dan olahraga cukup yah, tapi yass, beradaptasi adalah koentji!

2. Lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Kepengeeen banget makan cireng di abang gorengan depan Stasiun Kebayoran. Pas kemaren mau beli, taunya cirengnya baru digoreng, adonannya dibuletin dan diremas langsung pake tangan abangnya, yang juga bertindak sebagai kasir. Hemm, baiklah bhay. Dulu sih bodo amat, kalo sekarang yang dipikirkan adalah waduh nanti ASI nya gimana ya? Apa gapapa tuh buat Ale? Ya mungkin nggak sengaruh itu ke ASI, tapi intinya sekarang mikir-mikir lagi kalo mau jajan, berfaedah ga tuh makanan buat nutrisi ASI saya?

3. Lebih respek dan husnudzan pada semua orang tua (dan semua hal lain) di dunia ini

Dulu dalam hati suka tau-tau komentar/ labelling anak teman atau anak saudara 'kok anaknya kurus banget dibiarin aja sih', 'kok ga usaha lebih buat produksi ASI sih, gampang amat ngasih sufor', dsb dsb. Tapi dalam hati loh ya, kebetulan saya anaknya nggak enakan.

Sekarang? Setelah baca banyak cerita tentang jadi orangtua, beberapa teori parenting, dan merasakan sendiri jadi orang tua, komentar dalam hati saya berubah jadi 'wah anaknya kurus tapi asal beratnya sesuai grafik KMS dan nggak sakit-sakitan, berarti aman yah. Kasian orangtuanya susah payah berusaha ngasih makan anaknya tapi anaknya nggak doyan makan', 'wah alhamdulillah saya nggak perlu usaha sekeras itu untuk produksi ASI yang cukup, hebat perjuangan ibunya pasti berat juga tuh akhirnya ngasih anaknya sufor'.

Yass, perubahan sudut pandang dalam mengomentari anak orang lain. Kita nggak tau kan sesulit apa kehidupan sehari-hari yang dialami para anak dan orangtua dibalik secuil hal yang kita lihat dan komentari? Dan somehow perubahan sudut pandang ini jadi kebiasaan, bukan cuma tentang mengkomentari anak orang lain, tapi juga dalam semua hal yang tercetuskan dalam hati, alhamdulillah jadi bisa lebih ber-husnudzan :)

4. Mengurangi bacaan (dan segala hal lain) yang kurang berfaedah

seperti membaca akun-akun perlambean, hahaha. Katanya, anak adalah peniru ulung. Jelas saya nggak mau Ale nanti jadi suka baca akun perlambean atau hal-hal yang penuh kenyinyiran lainnya.  Saya ingin Ale tumbuh bahagia dan membahagiakan orang lain dengan banyak energi positif. Jadi, salah satu usahanya adalah membiasakan hidup bersyukur dan bahagia, dan menghindari hal-hal negatif, dimulai dari hal kecil di keseharian saya. Jadi kalo lagi nunggu kereta atau di kereta lagi bengong mending baca buku daripada buka explore instagram yang berujung ke akun-akun kurang berfaedah (salah sendiri kalo explore nya isinya kek gitu muahaha).

Yak, sekian perubahan positif dari segitu banyaknya hal positif yang saya rasakan sejak Ale lahir, semoga energi positifnya bisa tertular! :)

No comments:

Post a Comment