Monday 6 August 2018

Menjadi Cewek Kurus

Beberapa waktu lalu saya baca cerita teman tentang ketidakpercayaan diri, terutama karena bentuk tubuhnya yang relatif besar. Terus kepikiran. Saya kan kurus, tapi terus sering nggak pede juga tuh ama badan begini. Wah, padahal saya mau gemuk aja sulit, eh tau-tau (kayaknya lebih) banyak yang mau kurus. Memang ya manusia.

Dibalik "Wah abis lahiran dah langsing aja, enak banget sih",  percayalah nggak semuanya seindah itu. Saya ceritakan beberapa ke-makan-ati-an jadi cewek kurus yang pernah saya alami yah:

1. "Anaknya dokter, kok kurus banget? Nggak dikasih makan ibunya?", kata banyak orang waktu saya SD. Padahal dengan pola makan dan menu makan yang sama (umur beda setahun), adik saya sering dikira kakak saya karena badannya yang gemuk dan nampak sehat. Orang-orang nggak tau aje dari segala Anak Sehat ampe vitamin ini itu udah dicoba, heu

2. Pas beli celana, kalo dah ketemu yang ukurannya pas tau-tau ngatung. Giliran panjangnya pas, eh kedodoran. Giliran ukuran pas, panjang pas, eh mahal. Lah, hahaha

3.  "Kok makannya dikit? Diet ya? Ngapain lagi sih diet-diet, jaga badan amat", diet diet palelu bejendut. Saya makan sedikit kalo lagi nongkrong bareng teman-teman itu kemungkinannya kalo emang nggak doyan sama makanannya, ya emang lagi irit aja ahahaha. Tapi serius deh, orang kurus dituduh diet tuh bikin kzl ngets, wong cita-citanya naikin berat badan, heu

4. "Mbak tolong kasih duduknya buat ibu hamil ya", kata mas petugas nyuruh berdiri dari kursi prioritas KRL, padahal kan saya kan juga hamil maassssss huhuhu ingin rasanya ku berteriak

5. "Oh mbak lagi hamil, ih lucu ya kayak busung lapar, yang gede perutnya doang", kata mbak-mbak CS di bank, dan beberapa orang lainnya. Padahal berat Ale di perut normal-normal aja. Tapi waktu sekalinya berat janin Ale sempet kurang dari seharusnya, pas dikomen begitu malah jadi tambah sedih. Apa Ale kurang asupan? Apa aku sudah gagal jadi ibu yang baik?

6. "Loh kok kurus banget sih? Makan ih kasian anakmu ASInya gimana", padahal saya sudah makan banyak dan alhamdulillah Ale pertumbuhannya sesuai KMS.

See? Dibalik keuntungan seperti volume badan yang minimalis jadi lebih gampang masuk KRL, dan ukuran baju yang awet segitu-segitu aja dari jaman SMA ampe setelah melahirkan ga berubah, percayalah gaes, hidup orang kurus sama aja dengan bentuk tubuh lainnya; akan selalu ada yang ngomentarin which is nggak selalu menyenangkan. Tapiiiiii itu hanya berasa jika dan hanya jika selalu dibaperin dan kurang bersyukur sih :)

Duile sok wise lu Fus, hahaha.Tapi betulaaaan, ini reminder buat saya sendiri juga. Daripada makan ati berujung baper, mending take all those comments as compliments. Kalo ada yang komen semacam itu, jawab aja dengan alhamdulillah sambil nyengar-nyengir. Sengaruh itu loh efeknya ke pikiran saya.

Yang tadinya cemas "Duh ini gue kurus banget Ale di perut kurang gizi nggak ya", "Duh ASI gue cukup ga sih ini buat Ale", dsb dsb, jadinya berubah dengan "Walah alhamdulillah kesedot semua nih nutrisinya ke Ale, berarti mesti nambah asupan lagi", "Alhamdulillah jadi gampang balik ke badan jaman gadis nih", dsb dsb. Bukan berarti ga boleh cemas, tapi yaa jangan ampe cemas yang berlebihan ga solutif dong yaa. Apalagi saya tipe yang sering over thinking gitu yang kalo cemas merembet kemana-mana, padahal bumil dan busui (dan semua orang di dunia ini sih) jangan ampe over stress kan?

Intinyaaaa, kurus kek, gemuk kek, mo gimana kek, yang berkomentar dan bikin baper mah akan selalu ada. Dan kebaperan dan ketidakmenyenangkan itu bisa diatasi loh dengan selalu bersyukur :)

Nggak ngaruh juga? Ingatlah, Raisa yang sebegitu flawless nya aja masih ada yang ngomentarin lobang idungnya gede kok #truestory hahaha, yuk ah kurangin baper!

No comments:

Post a Comment